DMCA.com

Translate Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Blog Responsif untuk berbagai perangkat

Himansaclub.blogspot.com__ selamat siang sobat Himansa semua, baru kesempatan kali ini saya bisa posting lagi. Setelah beberapa hari yang lalu ada kesibukan yang padat, dan hanya bisa berkunjung ke blog temen2 itu pun saya sempat2kan.

Judul diatas dalam arti bukan resposif dalam arti bila ada yang berkunjung langsung dibalas, bila ada yang berkomentar langsung dijawab. Maksud dari responsif disini adalah blog design nya yang menyesuaikan dengan berbagai perangkat yang ada saat ini.

Perkembangan teknologi yang sungguh cepat, bahkan keluaran teknologi dalam pengguna untuk mengakses halaman web. seperti iPad, iPhone, perangkat mobile Android, desktop, netbook dan lain-lain. Sebagai teknologi terkini mobile device peranya tidak hanya terbatas seperti keluaran sebelumya namun penggunaanya terus meninggkat seiring dengan fitur dan sistem operasi yang tertanam didalam nya juga ikut berperan.

Sistem dari Responsif untuk setiap perangkat

Penggunaan atau pembuatan blog yang responsif ini saya rasa sangatlah penting, bisa dibilang merupakan langkah tepat bila menerapkan perubahan desain blog yang bisa menyesuikan dengan media atau perangkat yang mengaksesnya nantinya. Dengan kata lain suatu langkah penyempurnaan untuk rencana masa depan keberlangsungan dalam mengutamakan kenyamanan pengunjung web anda. Bisa dibayangkan bila sedang mengakses suatu halaman blog yang terlihat hanya separuh saja diperparah dengan load yang lama. Suatu hal yang membosankan tentunya dan otomatis pengunjung akan jera dengan sendirinya.

Membangun suatu jaringan yang flexibel

Membangun suatu jaringan yang terstruktur dan mudah dipahami serta dikembangkan. Disini kembali lagi suatu blog yang kita bangun adalah bagaikan tubuh kita, suatu keharusan kita bisa melihat secara detil keseluruhan dalam blog kita. Tak terkecuali desain blog kita, setidaknya paham dan mengerti apa yang kita buat. Anda dapat mendefinisikan parameter yang ada seperti CSS atau pun dari segi ruang, dan kelarasan. Satu perubahan penting adalah berubahnya satuaan pixcel menjadi persentase dan em, yang merupakan perhitungan matematika dan membuat blog yang responsif. Pengkonversiaan dari pixcel ke satuaan pesentase dan em dapat dengan mudah dipelajari jika anda benar-benar tahu desain blog anda.

Image yang Fleksibel

Suatu hal bisa membuat pusing kepala, membuat gambar yang bergerak dan berskala dengan grid fleksibel adalah kunci berikutnya dalam mendesain web responsif. Maksudnya, ukuran gambar dan posisi gambar akan berubah sesuai dengan pandangan browser. Nah suatu cara yang saat ini belum terpecahkan, mencari kesana kemari suatu tutorial yang bisa menbuat demensi dengan pandangan sesuai dengan pandangan browser belum saya temui. Mungkin seiring berjalanya waktu mungkin dapat ditemukan cara itu.

Namun ada beberapa cara yang patut ditempuh Sebuah alternatif lain dalam masalah gambar adalah dengan menggunakan CSS yang saat ini masih saya pelajari. Kemudian adalagi menerapkan sebuah subset pada opsi penggantian gambar dengan menggunakan class seperti optional-img sebagai sebuah cara pemilihan gambar melalui selektor CSS yang spesifik didalam stylesheet.

Disamping itu peranan penyediaan berbagai ukuran gambar pada servernya, sehingga mampu melayani berbagai ukuran gambar yang tepat sesuai dengan permintaan dari agen perangkat browser dengan memanfaatkan fitur deteksi side-server atau side-client seiring dengan berkembangnya metode DOM.

Menyesuaikan diri (secara teoritis) dengan semua media yang beragam.
Desain responsif mengajak kita untuk berfikir keluar dari batasan ukuran atau resolusi layar dan mulai membangun website fleksibel. Terkadang kita hanya melihat dimensi ukuran dimensi width dan height nya saja namun sekarang itu mulai berubah.

Bagaimana saya harus memulai ?

Suatu pertanyaan yang sulit untuk saya jawab, untuk saat ini semangatlah yang menjadi kunci utama dalam belajar dan 100% anda semua mempunyai itu. Sebuah pernyataan dari seorang desaign blog resposif yang kata-katanya sungguh bermakna” Gunakan blog yang sudah ada lalu hancurkan maka kamu akan tahu kesalahanya.” Dalam lingkup modern, suatu kebutuhan harus dilakukan adalah mengakomodasi yang sesuai dengan situasi saat ini. Desain resposnsif ini memang memakan waktu yang besar namun bukan hanya menulis kode tapi menciptakan desain yang segar dan responsif tentunya.

Dengan semangat dan kerja keras akan terus membuat kemajuan untuk menemukan solusi dan menemukan desain yang mampu bekerja dengan baik pada berbagai perangkat dan situasi, sehingga mampu menampilkan web dengan cara yang paling ideal dan intuitif. Hal ini karena kedua belah pihak (desainer dan pengguna) mengarahkan ke arah yang terbaik, ini memberi banyak kesempatan untuk membangun web yang lebih dinamis, menarik dan indah.

Untuk itu selamat berkarya demi kemajuan dan perkembangan blog kearah yang baik.

Salam hangat
Hendro Toteles

Comments
10 Comments

10 comments

14 Mei 2012 pukul 19.25  

Kalau punya saya kapan responsif, udah coba buat tapi tidak mau jadi mas...

14 Mei 2012 pukul 19.35  

belum begitu faham sob....hehehe

14 Mei 2012 pukul 20.55  

@Suwardi Unggit jangan gitu kan Abang masternya, pasti blm jadi aja msh disembuyikan. ini saya juga msh mencoba beralis ke versi fleksibel karna tututan pasar sekarang.. heheh..

14 Mei 2012 pukul 20.58  

@Misbahudin itu sedikit ulasan tentang blog responsif, dimana blog kita dapat diakases oleh berbagai perankat secara fleksibel. Yg natinya akan mempeluas area akses blog.

15 Mei 2012 pukul 00.12  

thanks sob...

15 Mei 2012 pukul 01.11  

@arimjie blog wah ini kalau untuk bang arimjie ini kyknya sudah kadarluarsa, karna blog nya sudah resposif...

15 Mei 2012 pukul 05.36  

Coba di Blogger ada layanan kaya Facebook Seluler, jadi kalo ada yang Comen langsung masuk ke sms, jadi bisa langsung bls via sms..
pastinya Blogger makin banyak peminatnya nih dan Blog kita semakin responsip.. :) hehehe

Met malem brada..

17 Mei 2012 pukul 04.29  

Aku juga udah mencoba ini tapi belum semua ukuran aku coba

17 Mei 2012 pukul 07.30  

@system of blog Iya sob... selamat mencoba nt kalu rilis ane kasih tau maz bro..

17 Mei 2012 pukul 07.32  

@aa Solah Maz soleh, wah kyknya topik beda sama judul. heheh... tp kalau memang ada layanan seperti itu bolehlah aq pasti coba.

Silahkan Tulis Pemgalaman anda setelah membaca artikel berupa komentar dan saran yang membangun. TQ.