DMCA.com

Translate Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Pengguran dan Dampaknya bagi Pembangunan

Himansaclub.blogspot.com.__Negara Indonesia merupakan negara yang mempunyai kepadatan penduduk yang besar. Sebagian penduduk indonesia berpusat pada pulau jawa. Demi mencukupi kebutuhan tidak sedikit warga negara indonesia yang menjadi tenaga kerja indonesia bekerja diluar negeri. Namun dibalik itu permasalahan yang muncul tidaklah sedikit, mulai dari TKI yang masuk secara ilegal dan penganiayaan yang dialami oleh para TKI yang berada diluar negeri sana. Lemahnya kepastiaan hukum yang melindungi mereka ini cenderung membuat para TKI ini merasa tidak perhatikan oleh pemerintah Indonesia, Hal ini merupakan tugas bagi permirintah indonesia yang sampai pada saat ini belum dapat menuntaskan permasalahan ini. Sebenarnya permasalahan seperti ini muncul karena kurangnya kesempatan kerja yang ada didalam negeri ini sangat terbatas. Oleh karena itu sebaiknya Himansa lover dan mengembangkan daya krativitas dalam mencipatakan peluang kerja sendri. Hal ini juga dapat mengurangi masalah yang ada dalam negeri ini yaitu pengguran.

Himansa Lover semua setelah kita membaca paragraf diatas, mungkin Himansa Lover bertanya-tanya apa yang mau dibahas? Himansa Lover pasti tahu yang namanya pengagguran bukan? Nah kali ini kita akan membahas tentang pengguran dan dampaknya terhadap pembangunan ini versi  Himansaclub.blogspot.com.

Langsung saja kita mulai, tapi Himansa Lover kita mulai dari apa yang namanya perngguran?

Pengguran adalah masalah ekonomi macro yang mempengaruhi manusia secara langsung dan merupakan masalah yang sangat berat (Himansa Fansclub). Pengguran terjadi karena ketidak mampuan calon tenaga kerja mencari sebuah pekerjaan. Penyaluran potensi dengan kondisi yang sangat meprihatinkan tidak dapat tersalurkan secara tepat.  Jumlah pengguran makin hari mekin bertambah dan ankatan kerja dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tidak sebanding mengakibatkan semua tenaga kerja tidak dapat terserap. Hal ini juga masih diperperah dengan pemutusan hubungan kerja (PHK) yang ikut menambah hiruk pikuk pengguran ini.
Suatu hal yang serius terjadi dan timbul akibat buruk dampak pengangguran ini akan merugikan sosial bagi masyarakat secara keseluruhan:

1.    Bagi pemerintah
Waktu yang terbuang oleh tenaga kerja merupakan suatu pemborosan, kesempatan kerja, penghasilan Nasional, dan Mempengaruhi konsumen.

2.    Bagi perusahaan
Waktu yang terbuang oleh tenaga kerja tidak dapat dimanfaatkan untuk realisasi rencana produksi perusahaan yang merupakan kerugiaan besar bagi perusahaan.

3.    Pencari pekerjaan
a)    Tinggat kemakmuran akan rendah bahkan menurun.
b)    Menimbulkan negatif sosial, kehilangan kepercayaan diri.
c)    Kehilangan keterampilan kerja.

Cara mengatasi permasalahan yang dapat saya berikan dari analisis masalah pengguran yang ada: 
  • Melakukan investasi, ini dilakukan oleh berbagai pihak supaya lapangan kerja baru dapat bertambah. Mendirikan perusahaan yang padat karya, perusahaan padat karya dapat menyerap tenaga kerja yang banyak ini akan cepat membantu penuntasan masalah pengguran.
  • Mengadakan kerjasama dengan negara lain, misalnya TKI.
  • Meningkatkan ekspor yang dapat memicu ivestasi, sehingga devisa negara dapat bertambah. 
  • Menigkatkan mutu pendidikan, kualitas pendidikan yang baik maka kinerja dan kemapuan untuk memperoleh dan mencipakan pekerjaan semakin tinggi. 
  • Menggerakan dan mendakan pelatihan-pelatihan kerja dalam keterampilan dan kreativitas. 
  • Trasmigrasi dan pemerataan pembangunan.

Sepenggal analisis dari sebuah pengguran yang menjadi sebuah masalah bersama untuk saling membantu memecahkanya. Semoga yang dapat saya bagikan dapat bermanfaat, jika ada yang masih salah dan kurang benar, atau bahkan ada yang mau menambahkan yang sifatnya membangun saya sangat  mengharapkanya.

Salam hangat
Hendro toteles

Comments
4 Comments

4 comments

22 April 2012 pukul 08.37  

artikel sangat menarik gan... thanks

22 April 2012 pukul 08.57  

Membuat lapangan kerja baru lebih yahut abang... Mampir balik yah:D>>

22 April 2012 pukul 09.03  

@Rini Blog's iya neng dari pada kesana- kemari cari kerja, mending wirausaha.

22 April 2012 pukul 09.06  

@hendra bakti Trima kasih Bang... udah menyumbang semangat.

Silahkan Tulis Pemgalaman anda setelah membaca artikel berupa komentar dan saran yang membangun. TQ.