DMCA.com

Translate Language

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Gagasan Marketing Bisnis Plan

 www.himansaclub.blogspot.com_ setelah kemarin saya share tentang format bisnis plan, kali ini saya membagikan sedikit info bagi yang mau menyusun marketing plan dari sebuah bisnis plan yang akan dijalankan. saya ambil dari berberapa refrensi baik dari dalam negeri bahkan sampai impor. refrensi yang sedikit saya rangkum agar sebagai kerangka awal sebelum maju lebih lanjut dalam menyusun laporan bisnis plan. Marketing plan harus diperhatikan benar-benar karena ini adalah ujung tombak berhasil atau tidaknya suatu usaha.

menganalisis pasar sebelum menentukan bisnis apa yang nantinya akan dijalankan merupakan faktor yang harus diperhatikan. jika ini tidak di analisis tinggkat kerberhasilan sangat rendah, bila pun itu berkembang itu adalah akan memakan waktu lama. sebagai kerangka dasar pemikiran saya akan sedikit mengulas marketingnya 

Marketing Plan memuat hal-hal sebagai berikut :

1. Analisa situasi (S.W.O.T)

S : Strengh/ Kekuatan
W : Weakness/ Kelemahan
O : Opportunity/ Peluang
T : Threat/ Ancaman

Sobat Himansa mungkin tidak asing lagi dengan yang namanya analisis swot yang bertujuaan untuk menganalisa keadaan yang berada diluar dan didalam perusaaah yang akan kita buat. situasi interen yang mencangkup gambaran terahir analisis yang telah dilakukan dengan menganalisis semua sumberdaya yang akan digunakan.
 
Serta tak lupa keadaan luar perusahaan tak luput dari pengamatan yaitu meliputi keadaan politik, ekonomi,sosial, budaya. Analisis intern dan ekstern tersebut dilengkapi lagi dengan analisis S.W.O.T
2. Tujuan Pemasaran (Marketing Objectives)

Tujuan pemasaran perusahaan beraneka ragam sesuai dengan kepentingan perusahaan masing – masing. Sebagai contoh dapat dikemukakan tujuan pemasaran, mempertahankan posisi perusahaan sebagai market leader, atau memperluas penguasaan market.

3. Strategi Inti (Core Strategy)

Merupakan alternatif strategi yang terpilih dalam decision making. Untuk menghasilkan strategi inti ini dibutuhkan pemikiran mendalam didukung oleh data dan fakta sehingga dapat dirumuskan secara tajam

4. Jadwal Pelaksanaan (Action Plan)
Action plan lebih banyak, sebab disini dielaborasi lebih rinci. Jika
strategi inti yang ingin dilaksanakan berupa pengembangan produk, maka harus dijabarkan model, bahan, mutu,kemasan, dsb

Action plan harus dapat menjawab beberapa pertanyaan :

- What, apa tugas yang harus dilakukan?
- Who, siapa orang yang harus bertugas dan bertanggung jawab?
- When, kapan pekerjaan harus dilaksanakan dan harus selesai?
- Where, jika diperlukan dimana percobaan pasar akan dilakukan?
- How, bagaimana cara melaksanakan tugas tersebut?

5. Anggaran Pemasaran (Marketing Budget)
Didalam marketing budget dengan jelas harus dinyatakan besar biaya yang diperlukan, jenis kegiatan pemasaran untuk berbagai teknikpromosi, melakukan riset pemasaran, dsb

6. Pengawasan (Control)

Untuk semua implementasi marketing plan harus dilakukan pengawasan. Pengawasan dilakukan dengan membaca dan mempelajari laporan tertulis dari pelaksana ataupun hasil observasi. Jika terjadi penyimpangan atau kendala dalam pelaksanaan, maka harus segera diambil tindakan perbaikan .

Comments
0 Comments

Silahkan Tulis Pemgalaman anda setelah membaca artikel berupa komentar dan saran yang membangun. TQ.